Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger


中文(简体) Português English (US) Français Deutsch Italiano 日本語 한국어 Español

Friday, March 6, 2009

Wisata Parangtritis Part II

Pantai Parangtritis adalah salah satu pantai yang mesti dikunjungi, bukan cuma karena merupakan pantai yang paling populer di Yogyakarta, tetapi juga memiliki keterkaitan erat dengan beragam objek wisata lainnya, seperti Kraton Yogyakarta, Pantai Parangkusumo dan kawasan Merapi. Pantai yang terletak 27 kilometer dari pusat kota Yogyakarta.

Penamaan Parangtritis memiliki kesejarahan tersendiri. Konon, seseorang bernama Dipokusumo yang merupakan pelarian dari Kerajaan Majapahit datang ke daerah ini beratus-ratus tahun lalu untuk melakukan semedi. Ketika melihat tetesan-tetesan air yang mengalir dari celah batu karang, ia pun menamai daerah ini menjadi parangtritis, dari kata parang (=batu) dan tumaritis (=tetesan air). Pantai yang terletak di daerah itu pun akhirnya dinamai serupa.


Pantai Parangtritis merupakan pantai yang penuh mitos, diyakini merupakan perwujudan dari kesatuan trimurti yang terdiri dari Gunung Merapi, Kraton Yogyakarta dan Parangtritis. Pantai ini juga diyakini sebagai tempat bertemunya Panembahan Senopati dengan Sunan Kalijaga sesaat setelah selesai menjalani pertapaan. Dalam pertemuan itu, Senopati diingatkan agar tetap rendah hati sebagai penguasa meskipun memiliki kesaktian. Sejumlah pengalaman wisata bisa dirasakan di pantai ini. Menikmati pemandangan alam tentu menjadi yang paling utama. Pesona alam itu bisa diintip dari berbagai lokasi dan cara sehingga pemandangan yang dilihat lebih bervariasi dan anda pun memiliki pengalaman yang berbeda. Bila anda berdiri di tepian pantainya, pesona alam yang tampak adalah pemandangan laut lepas yang maha luas dengan deburan ombak yang keras serta tebing-tebing tinggi di sebelah timurnya.


Untuk menikmatinya, anda bisa sekedar berjalan dari arah timur ke barat dan memandang ke arah selatan. Selain itu, anda juga bisa menyewa jasa bendi yang akan mengantar anda melewati rute serupa tanpa lelah. Ada pula tawaran menunggang kuda untuk menjelajahi pantai. Biayanya, anda bisa membicarakan dengan para penyewa jasa. Untuk mencapai Parangtritis, anda bisa memilih dua rute. Pertama, rute Yogyakarta - Imogiri - Siluk - Parangtritis yang menawarkan pemandangan sungai dan bukit karang. Kedua, melewati rute Yogyakarta - Parangtritis yang bisa ditempuh dengan mdah karena jalan yang relatif baik. Disarankan, anda tidak mengenakan baju berwarna hijau untuk menghormati penduduk setempat yang percaya bahwa baju hijau bisa membawa petaka


Libur panjang pelajar SMP dan SMA sederajat yang hampir bersamaan di bebagai daerah di Pulau Jawa ternyata berdampak positif bagi objek wisata Pantai Parangtritis, Kretek, Bantul, Yogyakarta. Tidak hanya pada hari libur minggu namun pada hari kerja ratusan bus suda memadati Pantai Parangtritis. Bus yang membawa pengunjung Parangtritis sudah mulai terlihat sejak pukul 05.00 WIB yang bermaksud untuk melihat sunrise ataupun yang datang pada pukul 15.00 WIB bagi wisatawan yang ingin melihat keindahan sunset di pantai.


Sejak diadakan penataan di kawasan Pantai Parangtritis, citra pariwisata pantai Parangtritis yang kumuh saat ini mulia menghilang, sehingga pengunjung mulai memilih Pantai Parangtritis sebagai salah satu objek wisata yang favorit untuk dikunjungi.
Lokasi pantai juga tidak jauh dari kota Yogyakarta sehingga sebagai tujuan utama wisata pantai dibandingkan dengan wisata pantai yang ada di Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Kulonprogo yang jaraknya relatif jauh dari kota Yogyakarta sebagai tempat menginap para pengunjung.


Parangtritis juga menyediakan sarana rekreasi berupa kuda tunggangan yang asyik banget untuk dinaiki, naek kuda sambil dapat melihat pemandangan laut yang begitu indah....gila asyik bangetkan....!!

1 comment:

  1. As can be seen from the chart that High pressure blower money value of annual global Industrial fan electronic transactions id increasing Industrial blower gradually in the seven years. In 1997, the Commercial blower money value of global electronic wholesale commerce transactions is US$ 2.6 billion, while the china wholesale number reaches US$1000 billion, 500 times wholesale shoes that of 1997. why is electronic commerce wholesale clothing booming nowadays?Several factors contribute to this ghd phenomenon. First, the availability of ghd computer is the foremost cause. The Replica Watches rapid development of computer technology fake watch enables everybody to have access to computer Replica Watches and Internet. Internet now no more a rolex watches stranger to common people. Second, the Replica Watches technology of Internet wholesale watches is becoming more and Rolex Watches more mature. People, who at watches first do not trust business transactions fake watch on Internet, now become convinced replica watches that doing business on Internet is cartier watches very convenient and effective. Thirdly, electronic Jewellery Watches commerce is the fastest way so pressure blower far to make transactions across far distance. It makes it possible to do business pressure blowers at home and it saves time and fans unnecessary formalities as well. That is why electronic commerce is preferable blowers to the prosperity of world china wholesale products economy and it also give birth buy cheap wholesale products to SOHO, a special group christian louboutin of people working buy christian louboutin shoes at home.

    ReplyDelete